Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. Masyarakatnya menggantungkan hidup pada tambak dan hasil laut. Banyak pengalaman unik dan berharga yang Gundul peroleh di tempat ini. Biawak adalah hama utama tambak-tambak bandeng di sini. Binatang buas yang cukup tangguh, seringkali binatang ini memangsa ikan-ikan bandeng yang akan dipanen. Populasinya yang banyak di daerah ini, membuat para petambak harus bekerja ekstra, berburu langsung atau dengan memasang perangkap biawak.

Di lain hari Gundul diajak berburu udang dengan menggunakan sudu di tepian pantai muara sungai. Ternyata tidak mudah menggunakan sudu ini, lumpur yang cukup dalam dan arus air yang deras, membuat  sudu berat ketika di dorong.

Mempelajari kegigihan penambang belerang di kawah ijen membuat Gundul kagum, beratnya medan dan  resiko gangguan pernafasan tidak menyurutkan para pekerja untuk menggali bongkahan-bongkahan batu belerang.

Saksikan petualangan Gundul berburu biawak di tambak bandeng, mengoperasikan sudu untuk menangkap udang dan menambang belerang di Kawah Ijen dalam tayangan Jejak Si Gundul, Jum’at 22 Januari 2010 hanya di Trans 7