Kecintaan Gundul akan alam mendorongya untuk berkelana. Di Kec. Lebong, Bengkulu di sebuah tebing tinggi yang memiliki dua lubang seperti kaca mata, Gundul bertemu dengan seorang pencari emas, Pak Mahmud. Lokasi tambang berada di dalam lubang dinding tebing batu yang tinggi dan terjal. Dengan gigih Gundul mencoba menaklukkan dinding tebing yang terjal untuk mencari emas.

Keriangan anak-anak pesisir Pantai Selatan Jawa menarik perhatian Gundul. Ganasnya deburan ombak dan kencangnya hembusan angin tak menyurutkan semangat anak-anak untuk bermain di tepi pantai. Ketika Gundul menghampiri ternyata mereka tengah mencari sesuatu di balik hamparan pasir pantai.

Pengalaman mengesankan kembali Gundul dapatkan dari seorang pencari kapuk di Sidoarjo. Pekerjaan penuh resiko ini membuat Gundul tertantang untuk membantu Pak Parnyo memetik buah-buah kapuk. Dengan menggunakan galah bambu, Gundul memanjat pohon randu yang tinggi menjulang.

Saksikan perjalanan Gundul mencari emas di Bukit Kacamata, mencari undur undur laut di Pantai Selatan Jawa, dan bekerja sebagai pemetik kapuk dalam tayangan Jejak Si Gundul, Jum’at 30 Oktober 2009 Pukul 16.00 WIB hanya di Trans 7