Gundul belajar menunggang kuda serasi atau ekuestrian di Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogjakarta. Kuda ini tidak dinilai dari kecepatan kuda berlari, akan tetapi dari keserasian dan keselarasan kuda dan joki.

Keramaian Pasar Ternak di Kaligesing, Purwerejo menarik perhatian Gundul. Di sini banyak orang melakukan jual beli hewan ternak, terutama kambing peranakan etawa. Gundul pun berkenalan dengan Pak Darno, salah seorang penjual kambing di pasar ini. Bersama Pak Darno, Gundul belajar merawat kambing-kambing supaya berkualitas baik.

Gundul berkunjung ke Sukabumi untuk menemui kenalan lama di Sebuah Balai Budidaya Ikan Air Tawar. Ketika Gundul sampai ternyata Balai sedang melakukan panen untuk menyortir indukan Gurame. Balai ini tidak hanya membudidayakan ikan gurame, tapi juga kodok bullfrog atau kodok lembu yang kaya manfaat bagi manausia.

Saksikan petualangan Gundul belajar menunggang kuda serasi, merawat kambing peranakan etawa, dan pengalaman Gundul di tempat budidaya kodok dalam tayangan Jejak Si Gundul, pada hari Jum’at 11 Desember 2009 hanya di Trans 7.