Sabtu, 14 Maret 2009, pukul 15.30 wib

Episode ini adalah kisah pengalaman Si Gundul di Gunung Baung, Jawa Timur.   Bekerja memanfaatkan alam untuk hidup sehari-hari.

Pak Satimin, demikian nama lelaki yang  mengajari Gundul semua pekerjaan ini.  Menangkap ikan sapu-sapu dengan tangan kosong, memindahkan sarang lebah liar, sampai menggali batu curing yang tajam.

Yang tak terlupakan oleh Gundul adalah di saat puluhan lebah menyengat wajahnya.  Ini terjadi di tengah upaya Gundul membantu Pak Satimin memindahkan sarang lebah liar ke kandang buatan di samping rumah.

Sarang lebah dicari dengan mengikuti jalur terbang lebah di antara pepohonan.  Bila sudah ditemukan, ranting dimana sarang ratu lebah berada, dibawa dengan hati-hati.  Uniknya, dalam melakukan pekerjaan ini Pak Satimin tak mengunakan asap besar layaknya pencari madu lainnya.  Hanya sedikit asap dari sebatang rokok sebagai pelindungnya.

Gundul membantu membawa sarang lebah ini.   Memegang ranting dengan  hati-hati, agar lebah tak terusik dan menyerang.   Sepanjang jalan Gundul menahan pegal, kaku karena tegang sekaligus menahan geli atas gerak-gerik lebah yang menyelimuti tangannya.

Namun saat memindahkan lebah ke kandang, sekelompok lebah terjatuh.  Dan wajah Gundul pun menjadi sasarnnya.