Sabtu, 24 Januari 2004, 15.30 wib.

Pemandian umum, pencucian motor/mobil, ataupun kolam renang, lazim kita dengar.  Namun di Jati Anom, Klaten, Gundul menemukan pemandian khusus sapi.    Lokasi pembersihan sapi-sapi dari lumpur dan kotoran sebelum dipajang di pasar ternak.

Di awal episode ini, Gundul tertarik menjadi kuli ‘ngguyang’ atau kuli mandi sapi.   Berjalan menerobos keramaian pasar ternak, menawarkan jasa memandikan sapi.  Pelanggan pertama Gundul adalah sapi jantan muda yang liar dan gesit.  Sapi ini menyulitkan pekerjaan Gundul, dari menggiringnya sampai mandi selalu meronta.  Hingga suatu saat kakinya luka akibat ulah liarnya.

Sekali memandikan, pemilik sapi membayar sewa pemandian sebesar tiga ribu rupiah, plus sabun colek, sikat, dan air sepuasnya.   Sementara sang kuli dibayar 8-10 ribu rupiah per sapi.

Dari pasar Jati Anom, Gundul beranjak ke Boyolali, bekerja di salah satu peternakan sapi perah.  Kegiatan tersibuk adalah sebelum pemerahan susu, karena sapi dan kandangnya harus dalam keadaan bersih.  Jadwal pemerahan sendiri sekitar pukul 1 dinihari dan pukul 11 siang.

Membersihkan kandang yang penuh kotoran, memandikan sapi, memerah susu, sampai memberi makan konsentrat dan rumput gajah, dilakoni Gundul di peternakan ini.